VEKTOR HAMA PEMBAWA PENYAKIT

1. KECOA

 

Kecoa adalah serangga kosmopolitan dan merupakan binatang malam yang sangat senang akan tempat-tempat lembab, kotor, dan banyak terdapat sisa makanan. Tempat hidup kecoa antara lain: selah-selah di sekitar pembuangan air limbah, di dapur, tempat pembuangan sampah, gudang makanan, lemari makan atau di toilet. Kecoa sangat cepat perkembangbiakannya, pertahun seekor kecoa betina dapat menghasilkan 4-8 kapsul telur (Ootheca) dan Ootheca kecoa dapat menampung 38-42 telur kecoa.

2. SEMUT.

 

Semut selalu meninggalkan jejak berupa feromon yang merupakan alat petunjuk bagi semut lainnya untuk mengikuti jejak rekannya. Semut sangat tertarik dengan makanan yang aromatik dan manis. Menyukai tempat yang lembab dan sarang biasanya terdapat pada celah dekat sumber makanan baik yang berupa cair maupun padat.

3. LALAT

 

     Lalat aktif hanya di siang hari, sedangkan pada malam hari, mereka akan beristirahat di tempat-tempat seperti : tanaman, pagar, langit-langit, kabel listrik dan sudut bangunan. Lokasi istirahatnya tidka jauh dari lokasi mereka makan, biasanya 1-3 meter di atas permukaan tanah.

    Sesuai dengan mulutnya, lalat hanya makan dalam bentuk cairan atau makanan basah dengan cara menghisap. Air merupakan sesuatu yang vital bagi kehidupan lalat, karena tanpa air lalat hanya bertahan hidup lebih dari 48 jam. Lalat sangat menyukai berbagai macam sayuran dan buah-buahan, daging segar, ikan, sisa makanan, sampah, kotoran-kotoran manusia dan binatang serta bangkai dimana umumnya lalat dapat meletakkan telurnya

4. NYAMUK

 

     Perilaku nyamuk berbeda untuk masing-masing spesiesnya; sebagai contoh nyamuk demam berdarah aktif pada siang hari, sedangkan nyamuk rumah aktif pada malam hari. Tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah pada air bersih, sedangkan nyamuk rumah pada air yang banyak mengandung bahan organic, seperti saluran pembuangan air, got-got dll. Nyamuk menyukai tempat yang lembab, gelap dan kurang angin; tempat istirahatnya tidak jauh dari tempat beraktifitas; kemampuan terbang 10-36 km; dengan siklus hidup 10-14 hari.Disamping itu, nyamuk sangat tertarik oleh suhu badan manusia.

5. TIKUS

 

   Salah satu kebiasaan tikus yang merugikan adalah mengasah gigi depannya agar tidak tumbuh menembus rahangnya. Hal ini dapat dilakukan pada kabel-kabel listrik atau komputer, pintu yang terbuat dari kayu, pipa listrik dll, Bahkan ia dapat membuat lubang yang dapat merusak Pondasi rumah.

        Perilaku lain tikus adalah bait shyness, kecurigaannya terdapat hal yang baru, sehingga tikus tidak mudah dijebak atau diberi racun. Selain itu tingkat adaptasi tikus sangat tinggi, sehingga diperlukan system & teknik yang tepat dalam penanggulangan

     Dalam kondisi ideal, sepasang tikus dapat berkembang biak menjadi 2.000 ekor per-tahun. Faktor yang sangat berpengaruh dalam perkembangbiakan tikus adalah makanan. Mencari makan pada malam hari dengan mengandalkan indera peraba dan penciumannya. Makanan favorit tikus adalah biji-bijian. Kerugian materi dan bahaya penyakit yang dapat ditimbulkannya, merupakan hal yang dipetimbankan untuk mengendalikan keberadaannya.

RODENT CONTROL( Pengendalian Tikus )

       Suatu pekerjaan pengendalian tikus dengan sistem pengendalian tikus secara terpadu (Integrated Pest Management in Rodent Control), menitikberatkan pada Rodent Inspection, untuk menentukan dan mengevaluasi tingkat perkembangan tikus pada  awal dan saat pengendalian, Sanitation, untuk mengurangi bahkan menghilangkan sumber makanan dan sarang tikus, Rodent proofing dan Population Reduction, menggunakan elastic trap dan permanen snap trap.

Rodent Control :

  • Melakukan survey dan inspeksi sebagai langkah standar awal pra treatment dalam pengendalian hama.

  • Pemasangan Anti-coagulant baiting system di tempat-tempat yang diidentifikasi merupakan jalur perlintasan rawan tikus di area dalam dan area luar .

  • Inspeksi dan Quality Control secara periodik untuk memastikan pelaksanaan treatment sesuai dengan standar treatment secara aman dan profesional

  • Hotline service masalah bangkai tikus yang sulit diambil