• Batara Jiwa Putra

Penyemprotan Desinfektan

Desinfeksi adalah membunuh organisme-organisme patogen kecuali spora kuman dengan

cara fisik atau kimia, dan dilakukan terhadap benda mati, termasuk ruangan. Bahan anti mikroba yang telah ditemukan memiliki keefektifitasan yang bermacam (Chatim,1994). Desinfektan adalah suatu bahan, biasanya zat kimia yang mematikan sel vegetatif tetapi belum tentu mematikan bentuk – bentuk spora mikroorganisme penyebab penyakit.


Mikroorganisme dapat disingkirkan, dihambat atau dibunuh dengan sarana atau proses fisik, atau dengan bahan kimia. Menyadari akan pentingnya suatu kondisi yang bebas mikroba pathogen, maka diperlukan suatu upaya mengeliminasi mikroba pathogen, salah satu upaya yaitu dengan desinfeksi ruangan (Pelczar, 1998).

a. Beberapa metode sterillisasi ruangan sebagai berikut:

  1. Metode Pengepelan Cara disinfeksi ini menggunakan bahan disinfektan yang dicairkan kedalam air, dan dilakukan dengan cara membasahi lantai. Keunggulan dari cara ini efektif dalam menurunkan kuman lantai, dan dapat menjangkau seluruh sudut ruangan lantai.

  2. Metode Pengkabutan atau Fogging Cara disinfeksi ini sering sekali dilakukan di berbagai rumah sakit di Indonesia. Disinfeksi ini menggunakan bahan disinfektan, dan dengan metode pengkabutan ruangan menggunakan fogger. Keunggulan dari cara ini adalah dapat menjangkau seluruh ruangan dan sudut ruang. Bahan disinfektan yang berupa kabut dapat membunuh mikroorganisme di udara ataupun di lantai.

Menurut WHO (World Health Organization) penyebaran virus Covid-19 bisa melalui percikan

atau droplet yang dikeluarkan bersama udara saat kita berbicara, bernyanyi atau bahkan bernapas. Besar kemungkinan droplet tersebut menempel pada benda-benda di sekitar kita. Apalagi jika kita berada di lingkungan yang tidak sadar akan pentingnya tindakan perlindungan terhadap virus Covid-19.


Keraton Alam Pest Control menydiakan jasa penyemprotan desinfektan, dengan menggunakan cairan disinfektan yang diracik dengan percampuran yang sesuai antara chemical disinfektan dan air sebagai pelarut sehingga efektif membunuh bakteri jahat dan virus yang menempel pada permukaan benda atau yang ada di udara ruangan.

Keraton Alam Pest Control menggunakan chemical yang telah terdaftar di Kementrian Pertanian (KEMENTAN), dan memiliki MSDS (Material Safety Data Sheet) sebagai jaminan standart professional.

Anda tidak perlu khawatir terhadap kesehatan anda saat menggunakan Jasa Penyemprotan disinfektan Virus, karena chemical yang Keraton Alam Pest Control gunakan efektif untuk membunuh mikroorganisme dan virus dan tidak berbahaya bagi manusia.

Petugas dan teknisi kami telah menjalani dan selalu memberlakukan protokol kesehatan dalam bekerja antara lain:

• Menggunakan APD sesuai standar seperti baju hazmat, masker, kacamata google • Telah di cek suhu tubuh setiap pagi di kantor sebelum datang ke lokasi • Menggunakan peralatan yang selalu di dibersihkan setiap selesai melakukan treatment.